Sunday, August 13, 2017

Ulasan LPM Berkunjung ke Taman Cisantana Kuningan

Taman Cisantana


Pada hari Rabu, (8/2/17). Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Kuningan yaitu LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) mengunjungi salah satu taman di wilayah Kuningan, dengan maksud dan tujuan untuk mengembangkan pola pikir anggotanya dibarengi dengan happying fun sambil belajar.
            Taman Cisantana yang berlokasi di Desa Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan. Taman ini baru saja didirikan, dengan peresmiannya pada tanggal (1/2/17). Pengelola taman cisantana ini adalah warga desa setempat dengan nama KOMPEPAR.
Taman cisantana sendiri memiliki bukit-bukit batu, yang terbentuk oleh hasil alam yaitu berupa batuan-batuan ketika gunung ciremai meletus (beberapa abad yang lalu). Sehingga menghasilkan perbukitan batu, yang oleh warga setempat di manfaatkan untuk penambangan. Adapun hasil dari sisa-sisa penambangan tersebut memberikan dampak positif dan negatif, diantaranya dampak positif dari sisa-sisa penambangan tersebut adalah terciptanya relief (ukiran) perbukitan batu dengan formasi yang indah sehingga menambah kecantikan dari taman tersebut. Serta dampak negatif yang ditimbulkan dari penambangan tersebut adalah dikhawatirkannya jika suatu saat terjadi longsor dari tebing batu tersebut.



Hal yang membuat taman cisantana begitu indah dan menarik, yaitu karena adanya perbukitan batu disebelah samping kanan dan kiri dari taman ini. Dan karena letaknya juga yang berada di atas perbukitan, sehingga pemandangan kota kuningan dapat terlihat dari taman ini.
Taman cisantana ini akan lebih cantik dan menarik, jika kita mengunjunginya pada malam hari. Karena gemerlap cahaya lampu yang menyinari diantara sudut-sudut taman. Sehingga menambahkan kecantikan dan keelokan dari taman ini.


Adapun jika di amati dari atas, maka taman ini memiliki bentuk seperti tanaman yang berbunga, dengan saung sebagai daun-daunnya. Spesies tumbuhan yang ditanam di taman ini diantaranya kaktus, palem, dan tanaman yang lainnya.
Fasilitas yang disediakan oleh pengelola yaitu taman dengan 3 buah saung, tempat parkir, Mushola (Tempat ibadah), kamar mandi umum, serta beberapa kantin. Sehingga jika anda yang berkunjung ke taman ini tidak membawa makanan, bisa membelinya dengan harga yang sesuai dengan kantong anda. Adapun Harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000, dan anda bisa menikmati keindahan panorama dari taman ini.
Pengunjung dari taman ini kebanyakan adalah pemuda-pemudi. Mereka biasanya membawa serta teman ataupun pasangannya untuk mengabadikan momen-momen tertentu dengan berfoto. Ada juga pengunjung yang hanya sekedar berbincang-bincang sambil menikmati pemandangan (perbukitan batu dan kota kuningan) serta suasana dan ditambah lagi dengan hembusan angin yang bertiup.
Menurut penulis, taman cisantana ini akan terasa lebih indah lagi, jika kita membawa orang yang di cintai dan sayangi. Orang yang di cintai dan sayangi disini tidaklah harus pacar, misalkan anda boleh membawa teman dekat, keluarga dsb.
 “Taman ini indah karena bukit bebatuan dan pemandangannya, itulah hal yang membuat saya kemari.” Ujarnya mela (salah satu pengunjung taman cisantana). Adapun saran dari pengunjung yaitu perlu adanya perluasan serta penambahan fasilitas.


Pesan dari pengelola untuk pengunjung yaitu “Cintai alam seperti kamu mencintai pacarmu”.



Beberapa saran dan kritik dari penulis, yaitu :
  • ·         Rumput di taman ini kurang begitu rapi atau merata.
  • ·   Pengelola taman cisantana agar menambahakan jenis tanaman baru yang cocok, sehingga membuat taman ini menjadi lebih cantik dan mempesona.
  • ·      Sebaiknya pengelola memugar sebgaian dari tebing batu, agar mengurangi terjadinya bencana longsor.
  • ·         Menambahkan fasilitas yang baru, seperti wahana permainan dll.
  • ·  Tambahkan juga pada area taman ataupun diatas tebing yang bertulisan “TAMAN CISANTANA”, bisa juga dengan mengukirnya di tebing. Itu akan menambah lebih daya tarik taman ini.

Penulis : @AlFatih_1453



1 comment: