Thursday, July 12, 2018

Otobiografi Ivar Jacobson Filsafat Informatika


Otobiografi Ivar Jacobson


Ivar Jacobson
Sumber : Twitter.com

Berikut ini saya akan memperkenalkan tokoh yang mengembangkan Tekbologi Informatika dalam bidang rekayasa perangkat lunak. Dan dari buku-bukunya juga, banyak epistimologi tentang perangkat lunak.

Ivar Jacobson adalah seorang ilmuwan komputer dan Insinyur perangkat lunak Swedia, atau dikenal sebagai kontributor utama pada UML (Bahasa pemodelan yang bertujuan umum, pengembangan dalam bidang rekayasa perangkat lunak, dimaksudkan untuk memberikan standarisasi memvisualisasikan desain sistem), Objectory (metodologi berorientasi objek), rational Unified Process(RUP adalah kerangka kerja pengembangan perangkat lunak berulang yang dibuat oleh Rational Software Corporation) dan perangkat lunak berorientasi aspek.

Lahir pada tanggal 2 Sepetember 1939 di Kota Ystad (Swedia), dan sekarang menginjak usia 79 Tahun. Ia mendapatkan gelar Master of Electrical Engineering di Chalmers Institute of Technology di Goutenburg pada tahun 1962. Ia juga meresmikan bahasa dan metode yang dikerjakan pada gelar Ph.D di Royal Institute of Technology di Stockholm pada tahun 1985 pada judul thesisnya “Bahasa Kontruksi untuk sistem Real Time Besar”.

Jacobson sebelum mendapatkan gelar masternya, ia sempat bekerja di perusahaan Ericsson dan bekerja di R & D pada sistem sitching terkomputerisasi AKE dan AX(Rangkaian pertukaran telepon digital) termasuk PLEX(Bahasa pemrograman waktu nyata, konkuren dan real-time yang bertujuan untuk mengontrol Pertukaran telepon AX).

Pada Oktober 1995, di Ericsson melepaskan Objectory to Rational Software dan menjualnya kepada IBM. Jacobson memutuskan untuk hengkang dan mendirikan Ivar Jacobson International(IJI) pada pertengahan 2003 yang beroperasi di tiga benua dengan kantor di Inggris, Amerika Serikat, Swdia, Swiss Cina dan Singapura.

Ia menerbitkan juga beberapa buku tentang Teknologi Informatika, beberapa buku dan artikel diantaranya :
·         Rekayasa Perangkat Lunak Berorinetasi Objek
·         Arsitektur, Proses dan Organisasi untuk Sukses Bisnis (ACM Press)
·    Pengembangan perangkat Lunak Berorientasi Aspek Dengan Kasus Penggunaan Addison-wesley Object Tehcnology Series)
·         Inti dari Rekayasa Perangkat Lunak – Menerapkan SEMAT Kernel.

Beliau mempengaruhi perkembangan teknologi Informatika di bidang Rekayasa Perangkat Lunak, diantaranya dengan ia bergaung dengan UML dengan metode OOSE sehingga muncul versi 0.9 sampai version 1.2 yang telah diperkaya dan direspon oleh OMG (Object Management Group).
Bagi anak Teknik Informatika, dengan menggunakan UML berarti ia paham bagaimana merancang visualisasi suatu program secara efektif, efesien.


1 comment: