Wednesday, October 21, 2015

Sekilas Info Macam-Macam Radio

Assalamu'alaikum Wr Wb

   Kali ini , Admin akan posting tentang "Sekilas Info Macam-Macam Radio", Untuk lebih jelasnya simak postingan berikut ini ..




Nama penulis di atas :
Ryan Setiagi - XII TKJ

Komentar :

1. Kelompok Kami tidak memberikan contoh penggunaan Radio AM dan FM, karena keterbatasan waktu sehingga kami persingkat. Adapun contoh penggunaan Radio AM dan FM adalah :

Penggunaan untuk Radio pada umumnya, maupun Radio untuk pelaut berkomunikasi. dll

2. Seperti inilah bentuk gelombang Radio AM.


3. Dan seperti inilah gambar skema dari Radio FM.


4. Adapun mengenai Prinsip Modulasi :

Modulasi adalah proses perubahan (varying) suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi. Dengan proses modulasi, suatu informasi (biasanya berfrekeunsi rendah) bisa dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa, biasanya berupa gelombang sinus berfrekuensi tinggi.

5. Panjang jangkauan gelombang yaitu ..
Rentang frekuensi AM adalah 500 Hz – 1600 KHz dan panjang gelombang atau amplitudo AM adalah 1600 KHz – 30000 KHz. Jika direntangkan dengan satuan meter, jangkauan sinyal AM bisa mencapai puluhan ribu kilometer.


6. Apa itu Transmisi sinyal Analog?

Transmisi sinyal analog adalah suatu kegiatan mengirim informasi melalui media transmisi fisik dalam bentuk gelombang. Data ditransmisikan melalui gelombang pembawa, yaitu gelombang sederhana yang hanya bertujuan untuk mengangkut data dengan modifikasi salah satu karakteristiknya (amplitudo, frekuensi atau fasa).

7. Penjelasan tentang Radio Satelit :

radio satelit atau radio langganan adalah sebuah radio digital yang menerima sinyal yang disiarkan oleh satelit komunikasi, yang mencakup wilayag geografis yang lebih luas dari sinyal radio biasa.

8. Alat untuk menangkap sinyal Digital ?

Penangkap sinyal Digital yaitu Antena atau satelit..

9. Apa itu Gelombang Kontinyu ?
Gelombang Kontinyu (Continuous Wave Radar) adalah Radar dengan bentuk sinyal berupa gelombang kontinyu mempunyai prinsip kerja yaitu transmitter memancarkan gelombang dengan frekuensi f0 secara terus-menerus melalui isolator, sehingga radar jenis ini harus menggunakan antenna transmitter dan receiver yang berbeda. Oleh isolator, gelombang kontinyu tersebut diteruskan ke antena dan sebagian kecil gelombangnya bocor menuju detektor. 


10. Kapan pertamakali ditemukannya Radio Internet?
Radio internet bermula Pada tahun 1993, Carl Malamud meluncurkan Internet Talk Radio yang merupakan radio talk show tentang komputer pertama yang setiap minggu mewawancarai seorang pakarkomputer. Sejauh itu radio internet masih berupa konsep yang dibicarakan.

Sampai akhir 1993, Internet Talk Radio tidak tersedia melalui multicast streaming (teknologi pengiriman informasi ke tujuan-tujuan yang telah ditentukan secara bersamaan menggunakan strategi paling efisien untuk menyampaikan pesan ke link yang ditujukan dengan sekali kirim), melainkan didistribusikan sebagai data suara dan penggunakomputer mengambil satu demi satu data tersebut.

Sekian yang bisa saya sampaikan ,.. mohon maaf jika terdapat kesalahan.

Jangan bosan-bosan berkunjung ke blog saya ...
dan terimakasih ... 


No comments:

Post a Comment